Rabu, 29 Juni 2022

Pengenalan Algoritma Dan Pemrograman

PERKENALAN

Perkenalkan nama saya rendy Risqi Pradana Nim A11.2021.13345 dari kelompok 4209

Disini saya akan menjelaskan materi Algoritma dan Pemrograman.

Bisa dilihat di bawah ini penjelasan singkat dari saya mengenai Algoritma dan Pemrograman. 



Pengertian Algoritma

Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan

Pengertian Paradigma

Paradigma adalah sudut pandang tertentu yang digunakan terhadap suatu problem, realitas, keadaan dan sebagainya. Paradigma membatasi dan mengkondisikan jalan berpikir seseorang, mengarahkannya terhadap beberapa atribut dan mengabaikan atribut lain, sehingga paradigma hanya memberikan pandangan yang terbatas terhadap sebuah realitas.

 

Pengertian flowchart

Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

Flowchart berperan penting dalam memutuskan sebuah langkah atau fungsionalitas dari sebuah proyek pembuatan program yang melibatkan banyak orang sekaligus. Selain itu dengan menggunakan bagan alur proses dari sebuah program akan lebih jelas, ringkas, dan mengurangi kemungkinan untuk salah penafsiran. Penggunaan flowchart dalam dunia pemrograman juga merupakan cara yang bagus untuk menghubungkan antara kebutuhan teknis dan non-teknis. 

Pengertian Notasi Algoritma

notasi algoritma adalah desain berisi urutan langkah-langkah pencapaian solusi yang tidak tergolong bahasa pemrograman apapun. Sehingga notasi algoritma merupakan dasar dibuatnya suatu program komputer dan dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman. Notasi algoritma dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.

Pengertian Programming

 programming adalah sebuah proses untuk membuat program di komputer. Program yang dibuat bisa berupa software, website, aplikasi android, dsb.

Lalu, mulai dari manakah agar kamu bisa memulai programming? Untuk membuat program tentunya ada beberapa tahapan. Mulai dari tulis menulis, menguji, merevisi, dan mengevaluasi, serta mengujinya lagi sampai program tersebut benar-benar jadi dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Jadi, programming adalah suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji (pemrograman) agar program dapat dibuat, dan hasilnya sesuai apa yang diinginkan. 

Bagaimana, sudah mulai paham kan apa itu programming?

Lalu, muncul pertanyaan lagi mengenai programming. Apa sih yang ditulis dalam proses tersebut? Tentunya, bukan tulisan biasa. Tidak seperti saat menulis buku novel ataupun puisi karena ini berhubungan dengan program komputer. Sehingga bahasa tulisan pun harus dapat dimengerti oleh komputer, yakni berupa kode-kode program yang sudah ada sebelumnya.

Itulah mengapa seorang yang ahli programming mesti menguasai bahasa pemrograman.

Saat ini banyak bermunculan bahasa pemrograman yang baru. Hal ini terjadi karena seseorang berupaya menyederhanakan dan memudahkan bahasa pemrograman yang sudah ada. Tujuannya untuk pembuatan program jauh lebih cepat, efektif, dan sesederhana mungkin. 

PERBEDAAN BELAJAR MEMPROGRAM DAN BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN

Perbedaan Belajar Memprogram dan Belajar Bahasa Pemrograman
– Belajar memprogram adalah belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.
– Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan tata bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya untuk membuat program yang ditulis dalam bahasa itu saja.
Itulah penjelasan tentang Perbedaan Belajar Memprogram dan Belajar bahasa pemrograman.

 

Langkah-Langkah Membuat Pemrograman

Langkah dasar sebelum membuat suatu program ialah dengan membuat struktur awal apa saja yang diperlukan saat membuat program dengan mendeklarasikan variable yang diperlukan, pengolahan data,serta modul output dan input. Selain itu hal utama yang perlu dilakukan saat membuat suatu program dasar yaitu dengan merancang langkah langkah yang harus kita ambil untuk menyelesaikan suatu permasalaha yang kemungkinan bisa terjadi pada kita. Apabila kita masih belum bisa mengetahui permasalahan dan cara mengatasi permasalahan tersebut, maka bisa diartikan bahwa kita sudah merencanakan kegagalan diri kita sendiri.

Berikut merupakan tahap dasar sebelum membuat sebuah program :

1. Mendefinisikan suatu permasalahan
Dalam tahap ini, mahasiswa diajarkan untuk belajar m
engidentifikasi suatu permaslahan serta menentukan masalahnya. Ada beberapa tips untuk mengidentifikasi suatu masalah dalam pemograman yaitu dengan mengumpulkan suatu informasi yang akan mahasiswa selesaikan, disertai menganalisis suatu informasi yang didapatkan dengan mencari data yang mendukung untuk mengidentifikasi suatu permasalahan tersebut.

2. Mencari solusi
Setelah kita mendefinisikan suatu permasalahan pemrograman berdasarkan analisis data yang mendukung, tahap selanjutnya adalah mencari solusi bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan. Apabila masalah yang kita identifikasi terlalu rumit, maka perlu dilakukan pembagian suatu permasalahan dengan membagi menjadi bagian bagian yang lebih kecil, agar nantinya lebih mudah dalam mencari solusi dari permasalahan tersebut.

3. Menentukan Algoritma
Menentukan algoritma merupakan langkah penting dalam pemrograman, diamana penggunaan algoritma menjadi penentu apakah algoritma tersebut sudah sesuai atau tidak yang nantinya akan menyebabkan suatu program bisa bercalan dengan baik ataupun sebaliknya. Dalam pemilihan algoritma juga perlu adanya analisi algoritma agar sesuai dengan permasalahn yang dihadapi.

4. Menguji Program
Setelah selesai menulis program, maka langkah selnjutnya adalah pengujian, dimana kita harus mengkoreksi bagaimana keberhasilan kompilasi, keberhasilan output, dan keberhasilan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Tahap pengujian merupakan penentu apakah pemrograman yang telah dibuat sudah layak digunakan atau tidak.

5. Dokumentasi
Dokumentasi diperlukan pada saat sebelum melakukan perubahan pemrograman atau membaca program yang sudah ada. Penulisan pemrograman ini bisa dituliskan dengan menulis pada source code mengenai kegunaannya yang berupa Variabel, parameter, procedur, fungsi. Komentar tersebut biasanya sudah cukup, akan tetapi lebih baik jika dituliskan kedalam file terpisah untuk kemudian dicek diatas kerta bila perlu.

6. Merawat Program
Setelah selesai membuat program, kita juga perlu merawat dengan mendeteksi bug yang kemungkinan belum diketahui sebelumnya, atau mungkin pengguna ingin menambahkan fisilitas baru untuk mempermudah pengguna program.


Sekian penjelasan singkat dari saya mengenai  perkenalan Algoritma dan Pemrograman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penjelasan Singkat Mengenai Pointer C++

  Pengertian Pointer pointer merupakan variabel dengan tipe tertentu yang berguna untuk mencatat alamat dari suatu variabel yang setipe den...